Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Procurement

 

 

 

katalog elektronikBanyak orang yang memilih memakai software procurement untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa. Pastinya proses pengadaan ini diharapkan bisa lebih efektif dan efisien sehingga bisa mendapatkan produk yang sesuai. Jika ingin memilih software procurement, ketahuilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

 

1.Perhatikan Kebutuhan

 

Coba pahami kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan. Coba lakukan evaluasi internal mengenai masalah yang kerap muncul dalam hal procurement. Apakah ada kesulitan dalam melakukan rekapan vendor? Atau kesulitan untuk membuat laporan pembelian? Tentunya ini akan membantu Anda menemukan software procurement yang sesuai kebutuhan dan pastinya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

 

  1. Harga

 

Tak dipungkiri, harga memang menjadi pertimbangan penting sebelum memilih software procurement. Harga dari software ini tergantung seberapa banyak dan kompleks kebutuhan yang Anda miliki. Cobalah untuk melakukan riset dari berbagai vendor. Anda juga harus memilih jenis software yang sesuai dengan keuangan perusahaan Anda. Tenang saja ada banyak jenis software yang bisa menyesuaikan dengan harga.

 

  1. Cari Vendor dengan Kustomisasi

 

Seperti yang dipaparkan sebelumnya bahwa kebutuhan software procurement pada setiap perusahaan mungkin berbeda. Bisa jadi Anda membutuhkan software secara kompleks. Hal ini bukan masalah karena Anda bisa mencari vendor yang bisa melakukannya secara custom. Artinya, vendor tersebut bisa memenuhi kebutuhan Anda secara spesifik.

 

Jangan asal beli tanpa tahu fitur-fitur yang disediakan oleh pihak vendor. Pastikan bahwa sistem tersebut benar-benar bisa menjawab kebutuhan dan menjadi solusi atas masalah pengadaan yang selama ini Anda alami. Tentunya pemilihan vendor yang sesuai sangat dibutuhkan pada bagian ini.

 

  1. Pilih yang Mudah dalam Segi Implementasi

 

Pastinya ini juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai software procurement yang Anda pilih terlalu rumit. Hal ini justru membuat sistem procurement tidak berjalan efektif. Staf justru membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari software atau pemakaiannya yang rumit. Cobalah untuk memastikan software tersebut mudah dipakai dan diimplementasikan.

 

  1. Pikirkan Integrasi untuk Masa Depan

 

Kemajuan teknologi memang tak ada habisnya. Maka dari itu, Anda bisa memikirkan integrasi software procurement dengan yang lainnya. Dengan demikian proses bisnis bisa dilakukan secara digital dengan keseluruhan. Hal ini tentunya akan mempermudah semua proses bisnis, tidak hanya dari procurement. Penting untuk membicarakan integrasi kepada vendor yang akan Anda pakai.

 

 

 

 

Leave a Comment